Awas Lur, Ombak Tinggi 6 Meter Hantui Pesisir Selatan Jawa

oleh

CILACAP.INFO – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melalui Stasiun Meteorologi Tunggul Wulung Cilacap, Jawa Tengah mengimbau kepada masyarakat untuk waspada dengan adanya potensi Ombak Tinggi di Pesisir Selatan Jawa sampai dengan 02 Februari 2021 Pukul 07.00 WIB.

Kepala Kelompok Teknisi Stasiun Meteorologi Tunggul Wulung, Teguh Wardoyo menyampaikan. Potensi Gelombang Tinggi dipengaruhi sirkulasi siklonik di Laut Karang selatan Papua Nugini. Dan Perairan utara Australia.

“Pola angin di wilayah Indonesia bagian utara pada umumnya bergerak dari Barat Laut — Timur Laut dengan kecepatan angin berkisar 4 – 25 knot, sedangkan di wilayah Indonesia bagian selatan umumnya bergerak dari Barat Daya – Barat Laut dengan kecepatan angin berkisar 4 – 27 knot. Kecepatan angin tertinggi terpantau di Perairan selatan P.Bali — P.Lombok — P.Sumbawa, Perairan P. Sumba, Perairan P. Rotte —Kupang, Laut Flores, dan Laut Natuna Utara.” Terang Teguh Wardoyo.

TINGGI GELOMBANG 4,0 — 6,0 M (SANGAT TINGGI) BERPELUANG TERJADI DI :

1. PERAIRAN SELATAN SUKABUMI, PERAIRAN SELATAN CIANJUR, PERAIRAN SELATAN GARUT, PERAIRAN SELATAN TASIKMALAYA, PERAIRAN SELATAN PANGANDARAN.

2. PERAIRAN SELATAN CILACAP, PERAIRAN SELATAN KEBUMEN, PERAIRAN SEIATAN PURWOREJO, PERAIRAN SELATAN YOGYAKARTA.

3. SAMUDERA HINDIA SELATAN SUKABUMI, SAMUDERA HINDIA SELATAN CIANJUR, SAMUDERA HINDIA SEIATAN GARUT, SAMUDERA HINDIA SELATAN TASIKMALAYA, SAMUDERA HINDIA SELATAN PANGANDARAN, SAMUDERA HINDIA SEIATAN CILACAP, SAMUDERA HINDIA SELATAN KEBUMEN, SAMUDERA HINDIA SELATAN PURWOREJO, SAMUDERA HINDIA SELATAN YOGYAKARTA.

SARAN KESELAMATAN, Harap diperhatikan risiko tinggi terhadap keselamatan pelayaran Perahu Nelayan (Kecepatan angin lebih dari 15 knot dan tinggi gelombang di atas 1.25 m), Kapal Tongkang (Kecepatan angin lebih dari 16 knot dan tinggi gelombang di atas 1.5 m), Kapal Ferry (Kecepatan angin lebih dari 21 knot dan tinggi gelombang di atas 2.5 m), Kapal Ukuran Besar seperti Kapal Kargo/Kapal Pesiar (Kecepatan angin lebih dari 27 knot dan tinggi gelombang di atas 4.0 m).