Peringatan Dini Gelombang Tinggi 6 Meter, 10-13 Desember 2020

by
Indonesia

CILACAP, TOP HEADLINES – Gelombang sangat tinggi masih berpotensi terjadi di perairan selatan jawa dengan tinggi gelombang 4 – 6 meter hingga 10 Desember 2020 pukul 07.00 WIB sampai dengan 13 Desember 2020 pukul 07.00 WIB.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melalui Stasiun Meteorologi Tunggul Wulung Cilacap dalam siaran persnya menjelaskan. Gelombang tinggi tersebut juga di sertai dengan kecepatan angin 6 – 30 knot.

Kondisi Sinoptik Perairan dan Samudra Hindia Selatan Jawa Barat (Jabar), Jateng, DIY (Daerah Istimewa Yogyakarta) umumnya berawan. Dan berpotensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang. Tinggi gelombang sampai dengan 5 meter merupakan Gelombang yang tergolong Tinggi.

Wilayah di perairan selatan jawa yang terdampak hal tersebut yakni meliputi perairan Sukabumi, Cianjur, Garut, Tasikmalaya, Pangandaran, Jawa Barat. Cilacap, Kebumen, Purworejo dan Jogja serta Samudera Hinda Selatan Jateng dan Samudra Hindia Selatan Jabar.

Untuk itu BMKG mengimbau kepada masyarakat, terutama yang beraktifitas di sekitar Perairan atau Laut Selatan Jawa untuk waspada. Harap memperhatikan resiko tinggi terhadap keselamatan pelayaran.

Perahu Nelayan (Kecepatan angin lebih dari 15 knot dan tinggi gelombang di atas 1.25 meter). Kapal tongkang (Kecepatan angin lebih dari 16 knot dan tinggi gelombang di atas 1.5 meter).

Angin lebih dari 21 knot dan tinggi gelombang di atas 2.5 meter). Kapal Ukuran Besar seperti Kapal Kargo/Kapal Pesiar (Kecepatan angin lebih dari 12 knot dan tinggi gelombang di atas 4.0 meter).

“Dimohon kepada masyarakat yang tinggal dan beraktivitas di pesisir sekitar area yang berpeluang terjadi gelombang tinggi agar tetap selalu waspada.” Tegas BMKG Cilacap.

Komentar