Prakiraan Cuaca di Cilacap dan Gelombang Tinggi, Senin 31 Agustus 2020

oleh

CILACAP.INFO – Update informasi mengenai Prakiraan Cuaca di Kabupaten Cilacap Jawa Tengah pada hari ini, Senin, 31 Agustus 2020. Tapi sebelum itu, mungkin ada yang bertanya mengenai Cilacap, Dimana, Seperti Apa, Menarik ngga yah?, oleh sebab itu mari kita kenalan dulu dan mengetahui sedikit tentang wilayah satu ini.

Cilacap seperti yang dihimpun, Cilacap.info, bahwa Kabupaten yang terletak di Provinsi Jawa Tengah dan merupakan kabupaten yang terluas di jateng. Di sebelah timur berbatasan dengan Kabupaten Banyumas dan Kebumen. Di sebelah selatan berbatasan dengan Kabupaten Pangandaran Jawa Barat. Di sebelah barat berbatasan dengan Kota Banjar dan Kecamatan Purwadadi, Lakbok, Rancah Ciamis Jawa Barat dan juga batasnya adalah Sungai Citanduy. Di sebelah Utara berbatasan dengan Brebes, dan Kuningan Jawa Barat.

Cilacap memiliki bahasa yang khas yakni Jawa Banyumasan atau Ngapak, suatu wilayah yang juga disebut masih dalam Karesidenan Banyumas. Biasa dikenal Barlingmascakeb (Banjarnegara, Purbalingga, Banyumas, Cilacap, Kebumen).

Selain itu, di Cilacap juga terdapat wilayah yang masyarakatnya berbahasa Sunda. Adapun di kabupaten ini juga dilintasi 2 sungai besar yaitu Sungai Citanduy yang bermuara di Laguna Segara Anakan dan juga Sungai Serayu.

Kabupaten ini memiliki Klub Sepak Bola bernama PSCS Cilacap dengan Stadion bernama Wijayakusuma dan berkapasitas tribun penonton yakni 25.000 lebih.

Wisata di Kabupaten Cilacap

Cilacap memiliki sejumlah potensi wisata yang mengagumkan, di kabupaten ini ada Kemit Forest Education di Kecamatan Sidareja dan Hutan Mangrove yang terletak di Kampung Laut. Serta Pulau Momongan di Nusawungu, ketiganya adalah wisata dengan Nuansa Hutan. Ada juga Hutan Payau dan Wisata Karang Banar.

Cilacap juga memiliki wisata air seperti Kubangkangkung di Kawunganten dan Danau Bojongrongga di Kedungreja.

Di Wilayah bagian Barat masih mengandalkan Curug sebagai Wisata Alam. Diantara Curug yang terkenal yakni Curug Cimandaway yang berada di Kecamatan Dayeuhluhur dan Merupakan Curug Tertinggi di Kabupaten ini. Selain itu ada Curug Bandung yang terletak di Kecamatan Wanareja, Curug Manik di Kecamatan Majenang. Ada juga Bukit Panorama Ketapang Indah dan Cidayeuh Canyon di Dayeuhluhur, serta Curug Geulis di Cipari.

Wisata Lautnya juga tak kalah bagusnya, meliputi Pantai Widarapayung di Binangun, Pantai Jetis di Nusawungu, Pantai Teluk Penyu. Pantai Permisan (Pantai Kopassus TNI) yang berada di dekat Pulau Nusakambangan, Pantai Sodong, Pantai Pesisir Kutawaru dan Pantai Pasir Putih Ranca Babakan Kampung Laut.

Ada juga Bendungan Manganti di perbatasan Cilacap Jawa Tengah dengan Ciamis, dan Kota Banjar Jawa Barat. Selain itu ada Taman Bunga Tali Asmoro, Pantai Cemara Sewu, Benteng Pendem, Gunung Selok, Srandil.

Dari kulinernya yang terkenal adalah Brekecek, Rempeyek Yutuk, Mendoan juga jadi primadona tidak hanya di Banyumas.

Cilacap Memiliki 24 Kecamatan yang diantaranya ;

Adipala, Bantarsari, Binangun, Cilacap Selatan, Cilacap Tengah, Cilacap Utara, Cimanggu, Cipari, Dayeuhluhur, Gandrungmangu, Jeruklegi, Kampung Laut, Karangpucung, Kawunganten, Kedungreja, Kesugihan, Kroya, Majenang, Maos, Nusawungu, Patimuan, Sampang, Sidareja, Wanareja

Bagi saudara yang ingin mengetahui Kondisi dan prakiraan cuaca terbaru hari ini, Senin (31/08/2020), bisa melihatnya di sini.

Adapun informasi ini bersumber dari laman resmi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) sehingga informasi ini akurat.

Prakiraan Cuaca Cilacap

– Pukul 07:00 WIB cuaca di Cilacap menunjukan bahwa Berawan dengan suhu udara mencapai 27°C dengan kelembapan 80 % dan Kecepatan Angin 10 km/jam Tenggara.

– Pukul 10:00 WIB cuaca di Cilacap menunjukan bahwa Berawan dengan suhu udara mencapai 29°C dengan kelembapan 70 % dan Kecepatan Angin 20 km/jam Timur.

– Pukul 13:00 WIB cuaca di Cilacap menunjukan bahwa Berawan dengan suhu udara mencapai 30°C dengan kelembapan 65 % dan Kecepatan Angin 30 km/jam Timur.

– Pukul 16:00 WIB cuaca di Cilacap menunjukan bahwa Berawan dengan suhu udara mencapai 29°C dengan kelembapan 70 % dan Kecepatan Angin 30 km/jam Timur.

– Pukul 19:00 WIB cuaca di Cilacap menunjukan bahwa Berawan dengan suhu udara mencapai 27°C dengan kelembapan 75 % dan Kecepatan Angin 10 km/jam Tenggara.

– Pukul 22:00 WIB cuaca di Cilacap menunjukan bahwa Berawan Tebal dengan suhu udara mencapai 26°C dengan kelembapan 85 % dan Kecepatan Angin 20 km/jam Tenggara.

Sedangkan berdasarkan data statistik dari BMKG mengenai prakiraan gelombang tinggi, Tinggi Gelombang diperkirakan mencapai 4,0 sampai dengan 6,0 hingga 2 September 2020.

Gelombang tinggi 4,0 – 6,0 meter tergolong sangat tinggi. Peringatan Gelombang tinggi tersebut juga tidak hanya berlaku untuk wilayah perairan Cilacap, melainkan Kebumen, Purworejo, Yogyakarta. Tapi juga untuk wilayah perairan di Jawa Barat yang meliputi Perairan Pangandaran, Tasikmalaya, Garut, Sukabumi, Cianjur.