oleh

Relawan Pemulihan Berbasis Masyarakat ‘PBM’ Cilacap Mendampingi Pecandu Narkoba Untuk Rehabilitasi

Terkini.id, Cilacap – Pagi itu, beberapa Relawan Pemulihan Berbasis Masyarakat (PBM) Kabupaten Cilacap terlihat sigap dan familiar dalam mendampingi seorang pecandu Narkoba.

Relawan yang bermitra dengan Badan Narkotika Nasional (BNN) Cilacap ini memang fokus pada pendampingan pecandu Narkoba agar mau diobati dan direhabilitasi secara mandiri.

Ditemui di sela-sela pendampingan pada 27 Juli 2020, kordinator Relawan PBM kecamatan Kesugihan, Ulie Aulia Achmad, menuturkan, “sebagai relawan anti Narkoba sekaligus Pemulihan Berbasis Masyarakat, fokus kami mendampingi para pecandu Narkoba supaya mau direhabilitasi, karena mereka korban dan seorang yang sakit.”

Baca Juga :   Waspada Gelombang Tinggi 5 meter 2 Hari Kedepan

Ulie menambahkan “Sekarang banyak sekali pecandu Narkoba disekitar kita yang membutuhkan pendampingan, mungkin mereka awalnya hanya coba-coba lalu terjerumus dan ketergantungan. Maka kita perlu support mereka supaya lepas dari Narkoba”. ujarnya.

Kasi Rehabilitasi BNN Cilacap, Gentur Widyo Sasono menuturkan “Pihaknya mendapat informasi dari Relawan PBM, ada salah seorang pengguna yang butuh direhabilitasi, maka kami melakukan Screening Intervensi Lapangan, sebagai bagian melakukan tahapan rehabilitasi”.

Gentur menambahkan, “Kehadiran Relawan PBM di Cilacap sangat membantu kami dalam upaya pendekatan pada para pengguna, karena Relawan PBM mungkin lebih mengenal dan memahami karakteristik para pengguna di desa-desa”.

Baca Juga :   Kapolres Cilacap Perintahkan Anggotanya Untuk Memakai Atribut Lengkap

“Harapan kami sinergi antara BNN Cilacap dan Relawan PBM terus berlanjut, agar Cilacap bebas Narkoba dan para pengguna Narkoba, segera bisa ditangani dengan jalan rehabilitasi”. tutup Gentur. (*)