Ini Cara Pertamina Cilacap Bantu Kerajinan Batik buatan Napi Nusakambangan ke Daerah Lain

oleh

CILACAP.INFO – Pertamina Refinery Unit (RU) IV Cilacap selalu memiliki cara-cara kreatif dalam mengenalkan beragam potensi wilayah Cilacap, salah satunya koleksi batik di Pulau Nusakambangan hasil karya para nara pidana (napi). Pada kegiatan sepeda santai bertajuk ‘Gowes ke Nusakambangan’ bersama Pemerintah Kabupaten Purbalingga, Kamis (20/8/2020), Pertamina Cycling Club (PCC) RU IV Cilacap memanfaatkannya untuk mengenalkan batik Nusakambangan.

Dalam kesempatan itu, rombongan PCC bersama Pemkab Purbalingga yang dipimpin langsung oleh Bupati Dyah Hayuning Pratiwi bersepeda santai dari kota Cilacap kemudian menyeberang Pulau Nusakambangan menuju Pantai Permisan yang berjarak tempuh lebih dari 15 km.

Di Pantai Permisan, rombongan juga menyempatkan singgah di Lapas Permisan yang berada tidak jauh dari pantai untuk melihat berbagai produk batik karya para napi. “Ini kesempatan baik, selain potensi wisata Nusakambangan dengan pantai pasir putihnya, kami juga kenalkan batik-batik karya dari para napi yang sangat bagus dan layak diangkat ke pasar Nasional bahkan internasional,” jelas Subiantoro, Ketua PCC RU IV Cilacap.

Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi mengaku kagum dengan karya para napi di dalam Lapas Nusakambangan yang tetap berkualitas tinggi. “Ini luar biasa, meski dalam kondisi terpenjara para napi ini tetap mampu berekspresi dan hasilnya juga sangat bagus,” ujar bupati yang akrab disapa Tiwi.

Selain itu, masih menurut Tiwi, harga batik karya para napi ini juga sangat terjangkau untuk hasil yang memiliki kwalitas sudah sangat bagus tersebut. “Padahal untuk mencapai lokasi Nusakambangan, aksesnya cukup jauh dari wilayah kota Cilacap,” ujar Tiwi.

Maka, lanjut Tiwi pihaknya berjanji akan turut menyebarluaskan karya-karya para napi Nusakambangan ini khususnya di tingkat Pemkab Purbalingga. “Harus saya promosikan kepada masyarakat khususnya di Purbalingga, bahwa hasil sebagus ini dibanderol harga yang sangat terjangkau,” imbuhnya.

Ditambahkan Tiwi, kegiatan Gowes ke Nusakambangan ini menjadi sarana meningkatkan hubungan baik antara Pemkab Purbalingga dengan PT Pertamina RU IV yang lokasinya berada di Kabupaten Cilacap yang masih satu keresidenan yakni Banyumas. “Sekaligus memperkenalkan lokasi pulau Nusakambangan kepada para pejabat di lingkungan Pemkab Purbalingga,” ujar Tiwi yang didampingi Ketua DPRD Purbalingga, Bambang Irawan.**