Warga Cilacap yang tak Mudik Bakal Dapat Bantuan Sosial Pemkab

by
Indonesia

CILACAP.INFO – Warga Cilacap yang tidak mudik bakal dapat bantuan sosial (bansos) dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cilacap Jawa Tengah (jateng). Hal tersebut disampaikan Sekretaris Daerah (Setda) Cilacap, Farid Maruf.

Dari pendataan ada 805 warga Cilacap di perantauan di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi (JABODETABEK) yang akan menerima Bansos (Bantuan Sosial).

Adapun pengiriman bantuan dari pemerintah kabupaten Cilacap tersebut, nantinya akan dikirimkan melalui Pos Indonesia.

“Kami sudah berkoordinasi dengan Dinas Ketenagakerjaan dan juga Dinas Perindustrian Provinsi, tercatat dan terdata ada 805 warga cilacap yang akan dapat bantuan.” Katanya.

Namun kata Setda melanjutkan, adapun pihaknya menunggu berapa yang akan diberikan oleh provinsi Jawa Tengah (jateng). “Jika dari provinsi memberikan bantuan untuk semua kita sangat berterimakasih, namun jika tidak, kami dari kabupaten telah Siap memberikan bantuan.” Tambahnya.

Selain itu, Farid Maruf juga akan berkordinasi dengan seluruh provinsi yang dimana terdapat warga Cilacap yang bekerja di sana. Yakni bahwa pihaknya akan berkoordinasi agar warga Cilacap yang ada diperantauan terbantukan.

Diketahui, banyak warga di perantauan yang ingin mudik ke kampung halaman, pasalnya mudik adalah tradisi tahunan yang ada di indonesia

Dimana moment ini adalah untuk berkumpul bersama sanak saudara, dan kerabat menjelang hari raya aidil fitri. Namun karena situasi Pandemi covid-19 Sarcov2, pemerintah dari pusat dan daerah melarang untuk mudik.

Pelarangan tersebut telah ditetapkan sejak bulan April 2020 lalu, yang di antaranya juga berisi tentang PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar). Selain itu, dari data dan hasil rapid tes, bahwa yang positif coronavirus adalah dari para perantau. Maka dari itu pemerintah dan aparat gabungan memperketat pengawasan terhadap para pemudik khusunya diwilayah perbatasan, baik yang menggunakan bus maupun travel.

Komentar